Mematikan Autorun/Autoplay windows

Published Maret 24, 2012 by oehersblog

flah disk/penggerak kilat USB adalah alat penyimpanan data yang ukurannya kecil,sehingga saat ini hampir setiap orang memilikinya karena harganya cukup terjangkau.

Padasistem operasi microsoft windows mengimplementasikan Penggerak kilat USB sebagai USB Mass Storage Device, dan menggunakan device driver usbstor.sys. Karena memang Windows memiliki fitur auto-mounting, dan penggerak kilat USB merupakan sebuah perangkat pasang dan pakai sehinnga flasdisk sering dijadikan sarana penyebaran virus pada komputer.

flasdisk akan menularkan virus pada saat dimasukan ke usb yang autoplay dijalankan,agar flashdisk tidak langsung autoplay maka kita harus mematikan sytem autoplaynya,caranya :

1. klik start>Run

2. ketik “gpedit.msc”

3. Klik pada User Configuration –> Administrative Templates –> System.

4. Double klik pada Turn Off Autoplay.
5. Klik option Enable.
6. Pada option Turn off Autoplay on, pilih All drives.
7. Klik OK.

Cara lain adalah menggunakan program Tweak UI,Tweak UI adalah tool free dari microsoft,bagi yang belum dan ingin memilikinya dapat didownload disini

Setelah didownload dan diinstall program dijalankan

unchek seperti gambar

Kalau Disable Autorun sudah dilakukan, maka ketika ada flash disk yang dikoneksikan ke komputer, autoplaynya tidak akan jalan, sehingga kalau flash disk tersebut bervirus tidak akan menularkan virusnya ke komputer. Akan tetapi kita juga harus membuka drive tersebut dengan cara klik kanan – explore, jangan sekali – kali menDouble Klik atau open kalau komputar kita tidak ingin tertular, karena dengan cara begitu sama dengan menjalankan file autorun yang ada dalam flash disk tersebut.

komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: